Selasa, 28 Februari 2012

mesin okrasa



Link to VWMagazine.com

Jika anda seorang yang telah menggeluti VW cukup lama, anda mungkin pernah mendengar istilah "OKRASA". Banyak orang yang tidak mengentahui apa itu sebenarnya mesin okrasa. Artikel ini akan menjelaskan karakteristik yang dimiliki sebuah mesin okrasa "vintage", dan mengapa mesin-mesin ini sangat jarang dan dicari-cari, serta mahal harganya.

Mesin Okrasa di VW Kodoq 



Pada tahun 1950an, saat-saat VW baru memasuki pasar Amerika, EMPI mengeluarkan sebuah kit, yang mereka namakan "OKRASA". Kit ini dikeluarkan untuk meningkatkan kemampuan mesin standard VW, dengan dual karburator dan kepala-kepala silinder dan piston-piston khusus.

     Dengan kata lain, mesin okrasa adalah mesin performa tinggi pada masa-nya. Mesin okrasa memiliki rasio kompresi sebesar 7.50, yang termasuk tinggi jika dibanding dengan kompresi VW standar


 Saya menemukan informasi di majalah Road & Track edisi lama mengenai performa mesin okrasa tersebut, yang mengatakan mesin okrasa dapat memacu VW ke kecepatan 87 mph, dibanding dengan mesin standard yang hanya dapat mencapai kecepatan 76 mph. Harga untuk sebuah kit okrasa dari EMPI pada tahun 1956 adalah $250. Data-data juga menunjukkan bahwa akselerasi 0-60 mph dapat ditekan 3 detik lebih cepat.
Kit Okrasa dari sampingMesin VW standard memiliki horsepower pada 36@3700rpms, sementara untuk mesin okrasa berada di 46 Jadi dapat anda lihat, bahwa kit okrasa adalah salah satu cara pada tahun 50an untuk membuat VW anda lebih cepat dari mobil-mobil tetangga anda. Harga mesin okrasa saat ini termasuk sangat tinggi, dimana harga untuk sebuah mesin okrasa bekas di "eBay" dapat mencapai $5000+ .
Jika anda menemukan mesin okrasa tua, nilainya sangat tinggi. Ambil dan simpanlah dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar